keuntungan membeli dan menjual barang di toko atau melalui internet!

Di zaman serba instan ini, biasanya seseorang menginginkan sesuatu hal didapatkan secara mudah dan dengan cara yang sederhana. Misalnya dalam berbelanja. pembeli tidak perlu lagi datang ke toko dimana produk yang dia inginkan dijual. Pembeli hanya perlu mengakses internet kemudian memilih website sebagai toko online yang menjual produk yang dia inginkan. Setelah memilih barang yang diinginkan sesuai dengan spesifikasinya, dia hanya perlu membayarnya dengan kartu kredit atau transfer melalui phone banking dan bisa juga melalui layanan internet banking. Pembeli hanya perlu menunggu sampai barang yang di pesan dikirimkan langsung ke rumah. Belanja online sebetulnya dalam sejarahnya sudah terjadi puluhan tahun yang lalu. Hanya saja saat itu medianya bukan dengan menggunakan layanan internet. Saat itu sudah dikenal televisie dan telpon. Penjual dapat mengiklankan produknya menggunakan televisi dan pembeli dapat membeli barang tersebut secara online melalui sambungan telepon. Caranya hampir sama dengan belanja online dengan layanan internet. Pembeli hanya tinggal menggubungi penjual, kemudian penjual mengirimkan barangnya ke rumah pembeli dan terjadilah transaksi jual beli di rumah pembeli.

Lain lagi jika kita membeli sebuah barang melalui sebuah forum jual beli. Dalam forum jual beli lebih diutamakan kenyamanan masing-masing pihak antara penjual dan pembeli. Misalnya mereka bisa melakukan pembayaran secara COD (Cash On Delivery) atau menggunakan Rekening Bersama. Namun cara seperti COD memang ada kelemahannya. Karena pembeli dan penjual tetap harus mau repot untuk bertemu di sebuah tempat yang dijanjikan. Keuntungannya adalah keduanya bisa sama-sama mengerti tentang barang dan jenis transaksi yang lebih cepat yaitu menggunakan uang tunai.

Kelebihan dari melakukan transaksi jual beli via internet antara lain : mengawali bisnis dengan modal kecil, stok barang yang secukupnya, pemasaran produk tanpa batas di seluruh dunia, biaya promosi yang lebih murah, produk dapat dilihat 24 jam, dimanapun, oleh siapapun dan kapanpun, tidak perlu menyewa toko dan gudang, fasilitas yang minimalis dan murah sebagai sarana transaksi jual beli, dapat membeli barang dari daerah bahkan negara mana saja, transaksi dalam waktu singkat, tanpa perlu membuang waktu untuk keluar rumah, macet di jalan, dan hambatan lainnya, menjual dengan harga yang lebih murah, karena modal yang lebih kecil (tidak menyewa toko, tidak menggaji karyawan dalam skala besar, penjual dapat mengelola bisnis dengan lebih fleksibel dan santai, sangatlah mungkin penjualan terjadi pada saat tidur, makan siang, mandi, bermain, dan aktivitas lainnya.

Kekurangan dari transaksi jual beli di pasar internet antara lain pembeli tidak dapat melihat kualitas barang secara langsung, hanya melihat melalui gambar produk yang tersedia, bahaya penipuan pada pembeli, seperti; barang yang telah dibeli tidak sampai di tujuan, pembeli merasa dirugikan dengan kualitas barang yang tidak sesuai, seperti; warna yang berbeda, tidak sesuai spesifikasi, ukuran yang berbeda, dan lain sebagainya, membutuhkan waktu pengiriman, pencurian data pribadi yang bersifat rahasia, seperti; data kartu kredit, data diri, alamat,            kondisi barang yang rusak saat tiba di alamat tujuan, akibat cara membungkus atau rusak saat pengiriman, barang yang tidak sampai akibat kesalahan teknis yang dilakukan pihak pengirim, penjelasan produk yang terbatas, beberapa pembeli sulit mendapatkan informasi setelah membeli seperti pertanyaan mengenai produk, keluhan, komplain, saran, karena penjual yang telah berganti data diri dan telepon.

Kelebihan dan Kekurangan pada transaksi jual beli barang di internet dapat ditanggulangi oleh setiap pihak baik penjual maupun pembeli dengan lebih cermat dan seksama dalam melakukan transaksi. Tidak semua penjual buruk dan tidak semua pembeli buruk bahkan beberapa diantaranya memiliki servis yang sempurna, oleh karenanya pasar dunia maya masih banyak diminati oleh banyak kalangan.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>