Sejak awal 1970-an, dan berkembang pada 1986 yang diketahui adanya virus Brain yang diyakini sebagai virus pertama yang menyerang basis MS-DOS, maka virus terus bermunculan.
Pada Maret 1988, antivirus pertama telah diciptakan. Dirancang untuk mendeteksi dan membuang virus Brain, dan mengimunisasi disket dari infeksi virus tersebut. Namun, segera sesudahnya ditemukan virus di Jerman, bernama Cascade, yang merupakan virus pertama yang dienkripsi. Artinya, virus tersebut terdiri dari kode-kode yang tidak bisa diubah atau dibuang. Hingga pada tahun 1990, banyak bermunculan software-software antivirus. Pada 1993, munculnya virus bernama SatanBug cukup menghebohkan, khususnya di daerah Washington DC. maka, berbagai pihak dari industri pun membantu FBI untuk menemukan dan menulisnya, dan ternyata pembuatnya masih anak-anak. Setelah munculnya sistem operasi Windows 95 pada tahun 1995, para perusahaan antivirus sebenarnya merasa khawatir tidak akan dibutuhkan lagi. Karena saat itu, virus yang menyerang di boot sector pada basis sistem operasi DOS, seolah tidak berpengaruh pada Windows 95. Tetapi pada tahun yang sama, muncul virus macro yang bekerja di lingkungan Microsoft Word, bukan lagi di basis DOS. Setahun berikutnya, virus macro berkembang dengan berbagai nama: Concept, Boza, Laroux. Dan pada 1999, macro berkembang dengan nama Melissa, yang menggunakan Microsoft Word untuk menginfeksi komputer, dan menularkan ke komputer lain melalui program e-mail Microsoft Outlook dan Outlook Express.

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer.  Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan). Antivirus – antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware – malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.

Antivirus berdasarkan penggunanya dibagi menjadi dua, yaitu Home User dan Network / Corporate User. Untuk home user, antivirus berjalan seperti biasa. Untuk versi jaringan (network), antivirus dapat melakukan scan di komputer – komputer client dan network drive. Selain itu, proses update komputer client dalam jaringan tidak harus langsung dari Internet. Komputer client dapat melakukan update langsung dari server jaringan.

Antivirus berdasarkan cara memperolehnya antara lain;  (1). Free antivirus  : anti virus yang diperoleh secara gratis (2). Trial antivirus  : Anti virus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu. (3). Donation antivirus : Anti virus yang diperoleh dengan harus mendonasi (4). Paid antivirus : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli.

Pada umumnya, cara kerja antivirus adalah: Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database). Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, dengan mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikategorisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya.

Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, tapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. Basis data virus signature ini dapat diperoleh dari vendor antivirus dan umumnya dapat diperoleh secara gratis melalui download atau melalui berlangganan (subscription).

Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja, Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Cara ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada kelakuan perangkat lunak yang “tidak wajar” menurut policy yang diterapkan, seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan e-mail secara massal terhadap daftar e-mail yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui e-mail), maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut. Antivirus juga dapat mengisolasi kode-kode yang dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Keuntungan dari cara ini adalah antivirus dapat mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature. Kekurangannya, jelas karena antivirus memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan, maka seringnya antivirus membuat alarm palsu atau “False Alarm” atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembang di dalam sistem (jika konfigurasi antivirus terlalu “lunak”), terjadi false positive. Beberapa produsen menyebut teknik ini sebagai heuristic scanning. Teknologi Heuristic Scanning ini telah berkembang begitu jauh hingga sekarang. Beberapa antivirus mengecek sebuah file dengan definisi biasa. Jika lolos dari deteksi biasa, maka file tersebut dijalankan di sebuah lingkungan virtual. Semua perubahan yang dilakukan file bersifat seperti virus, maka pengguna akan diperingatkan.

Jenis-jenis antivirus dan fungsinya antara lain Ad-Aware 9.0 Memberikan perlindungan yang komprehensif terhadap serangan spyware dan malware. Pada Ad-Aware terdapat fasilitas real time monitoring dan automatic updates yang membuat komputer selalu terproteksi setiap saat. Teknologi ini akan mencari file, menganalisa kode, dan menciptakan sebuah pola untuk menemukan beberapa jenis malware yang terkait. A-Squared Free, Program ini memulai kinerjanya dengan mendeteksi secara lambat pada file yang mengharuskan anda untuk me-restart program. A-squared free adalah alat terbaik untuk perangkat lunak keamanan komputer anda. Ini adalah perlindungan PC yang komprehensif terhadap virus, Trojans, spyware, adware, worm, bot, key logger dan kit root. Cwehedder, berfungsi sebagai pencari dan penghapus jejak coolwebsearch yang kemudian menghapus pembajak browser tersebut.

Hijackthis berfungsi mendiagnosis pembajakan browser yang menggunakan fasilitas penghapusan informasi yang dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada perangkat lunak komputer. Anti Malware dapat mendeteksi dan menghapus segala malware dan spyware dengan tuntas. Rookit Revealer adalah perangkat lunak yang mendeteksi bila ada rookit pada komputer dan berfungsi dapat secara langsung mendeteksi adanya rookit termasuk AFX, fanguish, hacker defender ( rookit revealer yang tidak didapat mendeteksi rookit seperti Fu yang tidak dapat menyembunyikan file dan registry).

Spyboot search & Destroy fungsinya terletak pada immunize dimana digunakan untuk memblocking website-website yang dianggap sebagai spyware oleh software ini, sehingga website tersebut tidak dapat diakses, dengan begitu spyware dapat dihindari. Spyware Terminator memberikan perlindungan real-time protection (RTP),HIPS, dan antivirus yang bersama-sama  secara efektif akan menghilangkan spyware,adware,Trojan dan serangan malware bahkan pada serangan yang lebih berbahaya seperti conficker, mail skinner atau trojan vundo. Spyware Blaster lebih difungsikan untuk mencegah masuknya spyware ke komputer, spyware blaster tidak dapat digunakan untuk membersihkan komputer dari spyware yang sudah terjangkit pada komputer.

Virus protection software atau  antivirus yang banyak digunakan dikalangan personal maupun corporate diantaranya Kapersky antivirus, Norton Antivirus, Avira Antivirus, AVG antivirus.

Kaspersky Software anti virus ini merupakan salah satu software yang merupakan paid antivirus yang sudah di jelaskan sebelumnya oleh Sdr. Eddy dan mempunyai versi trialnya. Software sangat populer dikalangan organisasi maupun pribadi karena mempunyai kualitas yang sangat baik dalam mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer.

Kaspersky antivirus merupakan salah satu produk karya Kaspersky Lab, dimana Kaspersky Lab ini telah menjadi vendor software pengamanan informasi bertaraf internasional yang berkantor pusat di Moscow, Russia, dan memiliki kantor regional di Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, Polandia, Jepang, China, Korea, Romania, dan Amerika sejak 1997. Disamping itu dia memiliki jaringan mitra yang luas mencapai lebih dari 500 perusahaan secara global. Produk-produk kaspersky lab memiliki sertifikat dari West Coast Labs dan menerima penghargaan dari publikasi IT terkemuka.

Norton Antivirus Tidak jauh berbeda dengan Kaspersky. Norton yang merupakan software keluaran symantec merupakan paid antivirus dan tersedia trialnya juga yang di jual bebas di pasaan. Kualitas dan kecanggihannya terus bersaing dengan Kaspersky. Symantec Norton AntiVirus Perangkat lunak ini mungkin dunia yang paling terpercaya solusi antivirus. Tersedia untuk PC Windows, dan Macintosh (Symantec Antivirus untuk Macintosh – SAM). Norton AntiVirus adalah yang sangat handal dan mudah digunakan produk anti-virus. It’s the best anti-virus produk untuk menangkap virus dalam file yang didownload dan E-mail. Norton AntiVirus juga lebih mahal daripada McAfee VirusScan meskipun tidak banyak, dan kemampuan tambahan Norton dapat dengan mudah membuat perbedaan. Norton AntiVirus mencakup banyak alat yang dapat dijalankan di latar belakang, termasuk menonton kegiatan yang mencurigakan PC dan secara otomatis memeriksa file yang didownload untuk virus. Norton AntiVirus juga secara otomatis dikonfigurasi untuk menangani e-mail pemindaian virus untuk pesan e-mail yang masuk ke komputer Anda, dan juga orang-orang yang Anda kirim. Proses ini secara otomatis memindai dan membersihkan baik masuk dan keluar e-mail, menghentikan virus menulari komputer Anda atau penyebaran kepada orang lain.

Norton  menghilangkan virus secara otomatis, tanpa mengganggu pekerjaan Anda dan mencegah infeksi selama real-time online chatting, dan juga mendeteksi virus dalam pesan instan lampiran. Karena begitu banyak virus dan worm internet sekarang menyebar menggunakan email dan Instant Message Sistem, ini sangat berharga dan perlu perlindungan.

Avira Antivir Sedikit berbeda dengan Norton dan Kaspersky, Avira mempunyai versi free antivirus, trial dan paid anti virus juga. karena ada versi freenya, Avira menjadi salah satu Antivirus terlaris di kalangan pribadi maupun sebagian organisasi, Namun dengan beberapa keterbatasan tentunya.    Avira GmbH adalah sebuah perusahaan perangkat lunak antivirus dari Negara Jerman. Ketika didirikan, perusahaan ini disebut “H + BEDV Datentechnik GmbH”. Aplikasi antivirus yang ditujukan untuk AntiVir mesin scan juga dikenal sebagai “Luke Filewalker” (merujuk pada Luke Skywalker), pertama kali diluncurkan pada tahun 1988. Untuk alasan estetika, nama ini diubah menjadi Avira.  Perangkat lunak antivirus Avira telah diberi lisensi untuk Ashampoo, Ad-Aware, dan Webroot WebWasher . Avira merupakan salah satu program antivirus yang paling banyak digunakan di dunia, dengan 100 juta pengguna di seluruh dunia Pada September 2009 .³Perangkat lunak keamanan Avira” mengacu pada berbagai antivirus dan software keamananInternet untuk platform komputasi Windows, Linux, FreeBSD, OpenBSD, dan Solaris olehAvira.

AVG ( Anti Virus Grisoft), dulu pengembangnya dikenal sebagai Grisoft (Kini AVG Technologies), adalah salah satu software antivirus yang memiliki tingkat pendeteksian antivirus yang baik. AVG juga dikenal sebagai salah satu pelopor untuk Anti Virus yang gratis (versi paid nya juga ada), yang selama bertahun tahun mencetak rekor sebagai antivirus yang paling banyak didownload. Versi gratis dari AVG ini yaitu untuk versi antivirusnya saja, sedangkan untuk AVG Internet Security tetap harus bayar. Perbedaan antara antivirus yang berbayar dan tidak dari AVG ini adalah dukungan support secara interaktif dan update major componet yang tidak terdapat pada AVG gratis. Namun untuk proses update antivirus, AVG free tetap dapat melakukannya.