Apakah teknologi informasi membantu para manajer menjadi lebih efektif dan efisien? Jelaskan jawaban Anda!

Saat ini penerapan teknologi informasi sangat diperlukan di dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Dalam penerapannya rencana strategis teknologi informasi senantiasa diselaraskan dengan rencana perusahaan, agar setiap penerapan teknologi informasi dapat memberikan nilai bagi perusahaan. Penerapan teknologi informasi banyak digunakan oleh manajer. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap manajer merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Teknologi informasi secara umum memiliki beberapa peranan bagi manajer antara lain:

Minimize Risk setiap bisnis memiliki risiko, terutama berkaitan dengan factor-faktor keuangan. Pada umumnya risiko berasal dari ketidakpastian dalam berbagai hal dan aspek-aspek eksternal lain yang berada diluar control manajer. Kehadiran teknologi informasi selain harus mampu membantu manajer mengurangi risiko, perlu juga sebagai sarana membantu manajer dalam mengelola risiko yang dihadapi.

Reduce costs Perana teknologi informasi sebagai katalisator dalam membantu manajer untuk mengurangi biaya-biaya operasional perusahaan yang akan berpengaruh pada profitabilitas perusahaan.

Teknologi sangat membantu para manajer, karena teknologi informasi memungkinkan kita saling berkomunikasi dan bertukar data baik dalam organisasi maupun antar organisasi lain hanya dalam waktu yang tidak lama tanpa harus beranjak dari tempat duduk melalui jaringan komputer seperti internet. Contohnya Email dapat mengirimkan laporan dalam bentuk text, gambar, dan audio hanya dalam hitungan menit.

Teknologi informasi mengintegrasikan berbagai bagian yang berbeda dalam organisasi dan menyediakan banyak informasi ke manajer. Sebagai contoh system informasi eksekutif mempengaruhi aliran informasi secara vertical dalam perusahaan. Pihak manajemen atas memiliki akses informasi yang lebih besar dan mengurangi ketergantungan sumber informasi terhadap manajemen menengah. Jaringan telekomunikasi memungkinkan informasi mengalir dengan mudah di antara departemen dan devisi yang berbeda.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>