Dengan ketersediaan teknologi informasi yang canggih yang memungkinkan pekerjaan organisasi dilakukan di manapun, kapan pun juga, apakah pengorganisasian tetap menjadi fungsi manajemen yang penting? Mengapa ya atau mengapa tidak?

Ya, Menurut Schermerhorn (1996:218) menyatakan bahwa pengorganisasian adalah “proses mengatur orang-orang dan sumber daya lainnya untuk bekerja ke arah tujuan bersama”. Ia meliputi pembagian pekerjaan, sumber daya dan mengkoordinasikan upaya-upaya yang ditempuh. Begitu rencana selesai disusun, tugas para manajer adalah mengorganisasi sumber daya agar dapat melaksanakannya secara layak. Organisasi merupakan hasil dari proses pengorganisasian. Oleh Henri fayol ditambahkan bahwa pengorganisasian yang layak dari sumber daya organisasi meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaannya. Fungsi Pengorganisasian tetap begitu penting dalam system manajemen karena pengorganisasian merupakan mekanisme utama yang dipergunakan para manajer untuk menggerakan rencana. Pengorganisasian menciptakan dan memelihara hubungan di antara semua sumber daya organisasi dengan menunjukkan sumber daya mana yang harus digunakan untuk kegiatan-kegiatan tertentu.Upaya pengorganisasian yang keras dapat membantu manajer dalam mengurangi kelemahan yang mahal seperti duplikasi kegiatan dan sumber daya organisasi yang menganggur. Begitu pentingnya peranan pengorganisasian mendorong banyak organisasi untuk membentuk divisi tersendiri dalam system manajemen yang bertanggung jawab atas pengembangan hal-hal sebagai berikut:

  1. Rencana reorganisasi yang membuat system manajemen lebih efektif dan efisien.
  2. Rencana untuk meningkatkan keterampilan manajerial agar sesuai dengan kebutuhan system manajemen yang berjalan.
  3. Iklim organisasi yang menguntungkan dalam system manajemen.
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>