Sebagian besar dari kita harus bekerja untuk mendapatkan penghasilan, dan pekerjaan adalah bagian penting dari kehidupan kita. Jadi mengapa para manajer harus begitu memperhatikan isu-isu motivasi karyawan?

Menurut gareth Jones dan Jennifer George mendefinisikan motivasi sebagai “ kekuatan psikologis yang menentukan arah dari perilaku seseorang dalam sebuah organisasi, tingkat upaya seseorang, dan tingkat ketekatan seseorang jika berhadapan dengan rintangan ”.  Dari beberapa definisi yang dipaparkan di atas jelas adanya unsur upaya dan tujuan yang ingin diraih. Motivasi merupakan hal yang sangat sentral dalam manajemen karena menerangkan mengapa orang bertingkah laku tertentu dalam bekerja dalam organisasi. Orang termotivasi untuk bertingkah laku tertentu guna memenuhi kebutuhan pribadinya. Oleh karena itu, jika dilihat dari sudut pandang manajerial, motivasi adalah proses menyediakan peluang untuk memenuhi kebutuhan bagi anggota-anggota organisasi dengan jalan melakukan perilaku yang produktif dalam organisasi.

Manajemen memang harus sangat bisa mengendalikan dan memperhatikan motivasi karyawan terhadap pekerjaanya karena dengan begitu manajer lebih mengerti apa yang dipikirkan karyawan sehingga dapat meningkatkan produktivitas karyawan dengan efisien.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>